Selasa, 20 September 2016

Singkatan Populer



Kita sering mengucapkan singkatan yang belum tentu kita ketahui singkatan dari padan kata apa.


Berikut saya memberikan beberapa kepanjangan dari singkatan yang populer dalam penyebutan di Indonesia:


1. Beha / BH merupakan singkatan dari Buste Hounder, Bahasa Belanda yang artinya penyangga payudara.


2. WC adalah singkatan dari Bahasa Belanda yaitu Watercloset, yang bermakna tempat khusus untuk buang air besar atau kakus.


3. VIP  adalah singkatan dari Very Important Person atau artinya hanya untuk orang penting atau kalangan pejabat saja.


4. Laser yang biasanya kita kenal sebagai sebuah kata ternyata adalah singkatan dari Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation. Yang artinya Sinar yang dapat menembus benda-beda keras sekalipun.


5. Kertas HVS yang selama ini akrab dengan kita ternyata sebuah singkatan dari Bahasa Belanda yaitu Hout Vrij Schrift. Yaitu sejenis kertas untuk buku tulis.


6. NB yang sering kita tulis di akhir catatan itu juga singkatan dari Nota Bene sebuah Bahasa Belanda yang artinya tambahan pada akhir surat.


7. NN yang biasa kita kenal dengan 'anonim' atau 'no name' ternyata kepanjangan sebenarnya adalah berasal dari bahasa Latin 'Nomen Nescio' yang artinya tanpa menyebutkan nama.


8. Hi-Fi Sering kita mendengar istilah ini dalam dunia alat elektronika. Hifi merupakan singkatan dari High Fidelity, artinya Kesetiaan Tinggi, jika diterjahkan bebas kira-kira kualitas suara yang tinggi, tahan lama dll.


9. Minder merupakan penyebutan yang kurang lengkap dari istilah psikologi bahasa Belanda, yaitu Minderwaardigheids Complex (MC) yang bermakna rendah diri.


10. PK, jika kita membeli peralatan elektronik seperti kulkas atau AC maka pertanyaan pertama yang akan diajukan oleh si penjual biasanya adalah ’mau yang berapa PK?’ Apakah yang satu setengah PK atau dua PK?  PK disini bukan singkatan Penjahat Kelamin, tapi  singkatan dari bahasa Belanda ’Paardenkracht’ yang bermakna ’tenaga kuda’. Dalam bahasa Inggris dia disebut ’horse power’ (HP).


11. A.M dan P.M , a.m. singkatan dari ante meridiem artinya before noon yaitu sebelum tengah hari. a.m. dimulai dari jam 12.00 malam sampai dengan jam 11.59 siang atau sebelum tengah hari. p.m. singkatan dari post meridiem artinya after noon yaitu setelah tengah hari. p.m. dimulai dari jam 12.00 siang sampai dengan jam 11.59 malam atau setelah tengah hari.


12. Tilang, adalah singkatan yang berarti Bukti Pelanggaran.


13. CV merupakan singkatan dari Bahasa Belanda, yaitu Commmanditaire Vennootschaap atau disebut dengan Perseroan Komanditer. CV merupakan persekutuan yang didirikan oleh satu atau beberapa orang secara tanggung menanggung yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin. CV ada juga yang merupakan singkatan dari Curriculum Vitae atau Riwayat Hidup.

14. Motel berasal dari kata singkatan bahasa Inggris, Motorists' Hotel adalah semacam hotel yang dikelola untuk melayani pelanggan transit. Maknanya kira-kira, sebagai penampungan buat pendatang atau bisa juga bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum.

15. OK sebenarnya berasal dari kata All Correct namun pada tahun 1830-an di Amerika sedang booming bahasa plesetan sehingga All Correct sering ditulis menjadi Oll Korrect yang disingkat menjadi OK

16. VW yang kenal sebagai merek mobil tersebut merupakan singkatan dari Volks Wagen, sebuah Bahasa Belanda yang sebenarnya memiliki arti kendaraan untuk rakyat. *(Wahyu Hatta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar