Selasa, 29 November 2016

Estetika Bangunan Dengan Kanopi


Salah satu cara paling praktis untuk menambah karakter pada rumah adalah dengan mempergunakan kanopi. Kanopi bisa menawarkan aksen dekoratif dalam berbagai gaya sehingga dapat sesuai dengan model rumah secara keseluruhan. 

Bahkan jika rumah anda bergaya minimalis seperti rumah-rumah tetangga dan mereka juga sudah mempergunakan kanopi minimalis sebelum anda, anda tetap saja bisa menemukan desain lain yang mungkin akan lebih sesuai dengan kebutuhan, tidak terkesan ikut-ikutan.

Desain yang sesuai dengan gaya rumah amatlah penting. Mengingat kanopi akan diletakkan di tempat yang terlihat oleh semua orang.


Selain dari tampilannya yang indah, kanopi  ternyata juga memiliki banyak sekali keuntungan lain. Kanopi minimalis bisa menjadi penutup ruangan sehingga kanopi banyak dipergunakan di berbagai balkon, terutama bagi daerah-daerah yang memiliki cuaca panas. 

Kanopi bisa memberikan perlindungan bagi penghuni rumah ataupun rumah itu sendiri dari cahaya matahari yang terlalu panas. Memang manusia membutuhkan cahaya matahari, namun tidak juga terlalu terik. Oleh karenanya, menghalangi cahaya dengan kanopi bisa memberikan kita cukup cahaya namun tidak membuat gerah.

 

Untuk menjelaskan tentang canopy, seorang pakar di bidang ini, Areb Hatta dari Cipta Workshop, kami sambangi di Medan Johor Kota Medan. 


"Desain kanopi sudah menjadi semacam keharusan untuk rumah, kantor, mall, hotel, joglo, dan berbagai tempat lainnya. 
Saat ini banyak sekali konsep bangunan baik itu hunian, kantor ataupun hotel yang  memakai model bangunan modern, atau malah kembali ke arsitektur tradisional berbalut modern. Kanopi juga harus disesuaikan dengan model bangunan tersebut", jelas Areb Hatta.

Ditambahkan Areb Hatta, "Agar nilai estetika & nilai fungsinya saling menyatu antara model bangunan dengan kanopi, maka diperlukan tempat usaha kanopi yang faham akan itu. Bukan justru kanopi menjadi pengganggu dan memperburuk tema bangunan".


"Bahkan kanopi semestinya harus sebangun dengan pagar, teralis, sliding door, serta semua bahan besi, hingga gak asal tempel aja. Gak harus mahal, tapi diperlukan skill yang jujur dan berpengalaman dari pihak usaha kanopi, sehingga nilai estetika dapat, bahan berkualitas juga dapat", tambahnya lagi.

"Jangan salah mendatangi usaha kanopi yang cuma mau cari untung semata, karena mutu bahan dan desain harus dipertimbangkan. Jika ada yang ingin memasang kanopi untuk bangunan hunian, kantor, mall, hotel dan sebagainya, atau juga pagar, teralis, sliding door, dan semua bahan besi, kami siap membantu untuk itu. Hubungi saja Cipta Workshop", ucap Areb Hatta sungguh-sungguh.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar